Welcome to [Dunia Electrical] >>Download Software ETAP disini >>Daftar Training ETAP disini

Belajar Software ETAP Powerstation



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh4epj5edkmXUvUZpJwYf3L1232CcpVMw7py9fbBnpIy3TuRtRtsJq9cne5XtiftkLoqNhCGJfmJlrgt5WTY-F12PdVgWCz9Kvw9y3Q5Jr751DmGXyEkzDtN9eIRjHP5fsN7c_w5rhLmxQ/s1600/etap.jpg
ETAP (Electrical Transient Analyzer Program) merupakan suatu perangkat lunak yang mendukung sistem tenaga listrik. Perangkat ini mampu bekerja dalam keadaan offline untuk simulasi tenaga listrik, online untuk pengelolaan data real-time atau digunakan untuk mengendalikan sistem secara real-time. Fitur yang terdapat di dalamnya pun bermacam-macam antara lain fitur yang digunakan untuk menganalisa pembangkitan tenaga listrik, sistem transmisi maupun sistem distribusi tenaga listrik. ETAP ini awalnya dibuat dan dikembangkan untuk meningkatkan kualitas kearnanan fasilitas nuklir di Arnerika Serikat yang selanjutnya dikembangkan menjadi sistem monitor manajemen energi secara real time, simulasi, kontrol, dan optimasi sistem tenaga listrik, (Awaluddin, 2007). ETAP dapat digunakan untuk membuat proyek sistem tenaga listrik dalam bentuk diagram satu garis (one line diagram) dan jalur sistem pentanahan untuk berbagai bentuk analisis, antara lain: aiiran daya, hubung singkat, starting motor, trancient stability, koordinasi relay proteksi dan sistem harmonisasi. Proyek sistem tenaga listrik memiliki masing-masing elemen rangkaian yang dapat diedit langsung dari diagram satu garis dan atau jalur sistem pentanahan. Untuk kemudahan hasil perhitungan analisis dapat ditampilkan pada diagram satu garis.

Etap Power Station memungkinkan anda untuk bekerja secara langsung dengan tampilan gambar single line diagram/diagram satu garis . Program ini dirancang sesuai dengan tiga konsep utama:
1. Virtual Reality Operasi
Sistem operational yang ada pada program sangat mirip dengan sistem operasi pada kondisi real nya. Misalnya, ketika Anda membuka atau menutup sebuah sirkuit breaker, menempatkan suatu elemen pada sistem, mengubah status operasi suatu motor, dan utnuk kondisi de-energized pada suatu elemen dan sub-elemen sistem ditunjukkan pada gambar single line diagram dengan warna abu-abu.



2. Total Integration Data
Etap Power Station menggabungkan informasi sistem elektrikal, sistem logika, sistem mekanik, dan data fisik dari suatu elemen yang dimasukkan dalam sistem database yang sama. Misalnya, untuk elemen subuah kabel, tidak hanya berisikan data kelistrikan dan tentang dimensi fisik nya, tapi juga memberikan informasi melalui raceways yang di lewati oleh kabel tersebut. Dengan demikian, data untuk satu kabel dapat digunakan untuk dalam menganalisa aliran beban (load flow analysis) dan analisa hubung singkat (short-circuit analysis) yang membutuhkan parameter listrik dan parameter koneksi- serta perhitungan ampacity derating suatu kabel yang memerlukan data fisik routing.



3.  Simplicity in Data Entry
ETAP Power Station memiliki data yang detail untuk setiap elemen yang digunakan. Dengan menggunakan editor data, dapat mempercepat proses entri data suatu elemen. Data-data yang ada pada program ini telah di masukkan sesuai dengan data-data yang ada di lapangan untuk berbagai jenis analisa atau desain.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPVpPzTaIP40FA-7RRkFDgktW4120OAgelPz02x50AHW4-31SJX8PCNEH7w-4RPj07gIjyoY4RirCfzJsWk5nQgpBnmrl9b8re0ggqsFJfDEaD_2FS4BDOMsZak-AcSoWAzQxjHUDuNhw/s1600/1.JPG

ETAP PowerStation dapat melakukan penggambaran single line diagram secara grafis dan mengadakan beberapa analisa/studi yakni Load Flow (aliran daya), Short Circuit (hubung singkat), motor starting, harmonisa, transient stability, protective device coordination, dan cable derating.
ETAP PowerStation juga menyediakan fasilitas Library yang akan mempermudah desain suatu sistem kelistrikan. Library ini dapat diedit atau dapat ditambahkan dengan informasi peralatan bila perlu.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bekerja dengan ETAP PowerStation adalah :
  • One Line Diagram, menunjukkan hubungan antar komponen/peralatan listrik sehingga membentuk suatu sistem kelistrikan.
  • Library, informasi mengenai semua peralatan yang akan dipakai dalam sistem kelistrikan. Data elektris maupun mekanis dari peralatan yang detail/lengkap dapat mempermudah dan memperbaiki hasil simulasi/analisa.
  • Standar yang dipakai, biasanya mengacu pada standar IEC atau ANSII, frekuensi sistem dan metode – metode yang dipakai.
  • Study Case, berisikan parameter – parameter yang berhubungan dengan metode studi yang akan dilakukan dan format hasil analisa.



Elemen AC Proteksi Sistem Tenaga Listrik
Komponen elemen ac pada software power station ETAP dalam bentuk diagram satu garis ditunjukkan pada Gambar, kecuali elemen-elemen IDs, penghubung bus dan status. Semua data elemen ac dimasukkan dalam editor yang telah dipertimbangkan oleh para ahli teknik. Daftar seluruh elemen ac pada software power station ETAP ada pada AC toolbar.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpA4tjzU8l47rXKPhXJ4_jN0nA8DXx4f-qdmSWbtRHC-jLXdb4YdQIKaYoaaeFGzJ-bCkg0sxzeZyQRuElnKjZzYGEwTJTagsumF8mSCIgTiUlDn5_ItFIA63jI6nIAu2-E0kOMNWHk9k/s1600/2.JPG

Elemen-elemen AC di ETAP



Transformator
Transformator 2 kawat sistem distribusi dimasukkan dalam editor power station software transformator 2 kawat pada power station software ETAP ditunjukkan Gambar  Simbol transformator 2 kawat.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrjjT8rITiMiGw09yEAiqbs3iKgp3yEWOD6a6luW1jmEr-b7qWKMNxIuZ7967b9cuaIq3EWs0J0hUGEKb88Ec252v75l0tZPZd2WEBQA-fJQVVV3TgPEP_X0_G6WQhb0NA9OAuM7ZgKt4/s1600/3.JPG
Simbol transformator 2 kawat di ETAP


Generator
Generator sinkron sistem distribusi tenaga listrik dimasukkan dalarn editor power station ETAP berupa rating KV, rating MW, dan mode kerja yang ditampilkan pada bagian atas informasi editor generator. Simbol generator sinkron pada power station software ETAP ditunjukkan pada Gambar.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgQH31ljCWaR0pzlffgJsGrGnv9iE9hm8fLDXcmGz8dGu07D2gFeomdfK3kom7EHR5ATzghTdpqYSpYu131cTMsJm9EpUV-KT2yqzxdb4BwgBynxjRCVYeclu-WHhzoFQGPmhbIMnRkCGE/s1600/4.JPG
Simbol Generator di ETAP


Load
Beban listrik sistem distribusi tenaga listrik dimasukkan dalarn editor power stationETAP berupa rated kV dan MVA yang ditampilkan pada bagian atas iriformasi editor load. Di ETAP terdapat dua macam beban, yaitu beban statis dan beban dinamis. Simbol generator sirikron pacla power station software ETAP ditunjukkan pada Gambar.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj66FrY6dQwgApUHXVM7dUeVV8qb2r1Ieys98wECssmG2jYGom9kBztR-YUHt0BKg7ucru_0P2hgRgjaQAh_61ogAUUNm-O1fxu8gcWhFiQaAeLygZIZFX0CCDI7foFx84RZ8rRIX5Ghx4/s1600/6.JPG
Simbol beban statis dan dinamis di ETAP


Circuit Breaker
Merupakan sebuah saklar otomatis yang dirancang untuk melindungi sebuah rangkaian listrik dari kerusakan yang disebabkan oleh kelebihan beban atau hubungan pendek. Simbol pemutus rangkaian di ETAP ditunjukkan pada gambar.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjukUHJNwFyTxJiaLNwI5INdIl86yMP3zawnMx5Dep9b3pqgFMaCu5j_B0ztb8sRgK08dpmwBR8NpJI_CHK1cwdxEFbXUIcvonVmpr3xGKnBSKDSys24_yZc9_w7GLlYvZxnT6nZzOAz4I/s1600/7.JPG
Simbol pemutus rangkaian di ETAP




Bus
Bus AC atau node sistem distribusi tenaga listrik dimasukkan dalam editor power station software ETAP. Editor bus sangat membantu untuk pemodelan berbagai tipe bus dalam sistem tenaga listrik. Generator, motor dan beban statik adalah elemen yang dapat dihubungkan dengan beberapa bus yang diinginkan. Simbol bus pada power station software ETAP ditunjukkan Garnbar.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgOrbagT3ZsrwsOTmMt21kTUsuBeYq-FYKL6n7yBLRBnXoCq-9YGRgdAh7ohyphenhyphenxqfh1YMF8OaoSgLEyrx2ikuTmVRoXmF4XUqnX8WFlEgKpcFiYuGJE89i-bzZdT_PeZaEg9dhfEVZXYkVw/s1600/9.JPG
Simbol bus di ETAP



Elemen-elemen di ETAP
Suatu sistem tenaga terdiri atas sub-sub bagian, salah satunya adalah aliran daya dan hubung singkat. Untuk membuat sirnulasi aliran daya dan hubung singkat, maka data-data yang dibutuhkan untuk menjalankan program simulasi antara lain:
  • Data Generator
  • Data Transformator
  • Data Kawat Penghantar
  • Data Beban
  • Data Bus
Elemen Aliran Daya
Program analisis aliran daya pada software ETAP dapat menghitung tegangan pada tiap-tiap cabang, aliran arus pada sistem tenaga listrik, dan aliran daya yang mengalir pada sistem tenaga listrik. Metode perhitungan aliran daya dapat dipilih untuk efisiensi perhitungan yang lebih baik. Metode perhitungan aliran daya pada software ETAP ada tiga, yaitu: Newton Raphson, Fast-Decouple dan Gauss Seidel seperti yang telah diuraikan sebelumnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQXK3D2IdHVAoYpw67W5UmCtiv91c13wo9bOqTVN75XgFFeezyZyoDkYVesRATpa3-qAVDNgJNxz8-uodxWsnm7qO784hUOA29rpW4GFyEJe9x-t1j9-MdyyzgJlr_pix-9bJ8XFOZ7FM/s1600/1.JPG
Toolbar Load Flow di ETAP
Gambar dari kiri ke kanan menunjukkan tool dan toolbar aliran daya, yaitu:
  • Run Load Flow adalah icon toolbar aliran daya yang menghasilkan atau menampilkan hasil perhitungan aliran daya sistem distribusi tenaga listrik dalam diagram satu garis.
  • Update Cable Load Current adalah icon toolbar untuk merubah kapasitas arus pada kabel sebelum load flow di running.
  • Display Option adalah bagian tombol untuk menampilkan hasil aliran daya.
  • Alert adalah icon untuk menampilkan batas kritis dan marginal dari hasil keluaran aliran daya sistem distribusi tenaga listrik.
  • Report Manager adalah icon untuk menampilkan hasil aliran daya dalam bentuk report yang dapat dicetak.
Elemen Hubung Singkat
Short-Circuit Analysis pada Etap Power Station menganalisa gangguan hubung singkat tiga phasa, satu phasa ke tanah, antar phasa dan dua phasa ke tanah pada sistem tenaga listrik. Program Short-Circuit Analysis Etap PowerStation menghitung arus total hubung singkat yang terjadi. Etap Power Station menggunakan standar ANSI/IEEE (seri C37) dan IEC (IEC 909 dan lainnya) dalam menganalisa gangguan hubung singkat yang bisa dipilih sesuai dengan keperluan. Untuk memulai Short-Circuit Analysis maka single line diagram (SLD) sistem tenaga listrik digambarkan terlebih dahulu dengan memperhatikan komponen serta peralatan yang digunakan.

Memberi Gangguan Pada Bus

Untuk dapat melakukan analisa hubung singkat ini maka pada bus yang akan dianalisa harus diberi gangguan dengan cara pada bus yang diinginkan ada gangguan di klik kanan setelah itu pilih option fault, jika ingin mengembalikan seperti semula pilih option don’t fault (lihat gambar).
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiI7K4DOm5hdArSz31i8x46N76VnBVCGcuCOJa55Ng_0RTvRrQ18FPlYgwJwISo6YxtxHRSf2btZN59THku97IPgwnEG4E4dsejzB_VF_zchluQzc4bigCMouIIj0QC9ylCcoqi12X59ps/s1600/2.JPG
Toolbar Short Circuit di ETAP

Adapun toolbar short circuit analysis ada dua macam standar yang dipilih.

Toolbar ANSI Standard
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJPoq4MNQw6uX5GQkRoJ4LKX0PgLQhuezm1bnqhyu3HsU8-eTSbzn0szlanlUDznpsUDtxX13edMIPx32579P6dnYUV6OY4PYuDVCZxcdb3-qPSuKFU4hpMomp0EFpaLxkvQ-zWo1NloQ/s1600/3.JPG
Toolbar Short Circuit ANSI Sandard di ETAP
  • 3–Phase Fault Device Duty : untuk menganalisa gangguan 3 phasa.
  • 3-Phase Faults - 30 Cycle Network : untuk menganalisa gangguan 3 phasa pada system dengan waktu 30 cycle.
  • LG, LL, LLG, & 3-Phase Faults - ½ Cycle: untuk menganalisa gangguan satu phasa ke tanah , antar phasa, dua phasa ke tanah dan 3 phasa selama ½ cycle
  • LG, LL, LLG, & 3-Phase Faults - 1.5 to 4 Cycle: untuk menganalisa gangguan satu phasa ke tanah , antar phasa, dua phasa ke tanah dan 3 phasa antara 1,5 sampai 4 cycle.
  • LG, LL, LLG, & 3-Phase Faults - 30 Cycle: untuk menganalisa gangguan satu phasa ke tanah , antar phasa, dua phasa ke tanah dan 3 phasa selama 30 cycle
  • Save Fault kA for PowerPlot: untuk studi lebih lanjut dengan program powerplot yang berhubungan dengan koordinasi.
  • Short circuit Display Options: untuk mengatur hasil short circuit yang ditampilkan sesuai dengan peralatan yang operasi.Short circuit Report Manager: untuk menampilkan hasil short circuit
  • Halt Current Calculation: untuk menghentikan proses running short circuit
  • Get Online Data: untuk menyalin data online jika computer interkoneksi dengan menggunakan PSMS (online feature)
  • Get Archived Data: untuk menyalin data online jika computer terinterkoneksi.

Toolbar IECStandard

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjfwOiEOnCA3igLWJ6vQEXENspXiif-OJ_rOd0-FxF85LCkEnLmFvgLSV1q43P1fcOwtej0RDXkQdKh4C5HSn_kFps5KVL8a5cRC-rutUtdGpBGIyytxHoFqZ_9DWzSYeM-WXQMLuiFwj8/s1600/4.JPG
Toolbar Short Circuit IEC Sandard di ETAP
  • 3-Phase Faults - Device Duty (IEC909): untuk menganalisa gangguan 3 phasa sesuai standar IEC 909.
  • LG, LL, LLG, & 3-Phase Faults (IEC 909) : untuk menganalisa gangguan satu phasa ke tanah , antar phasa, dua phasa ke tanah dan 3 phasa dengan standar IEC 909.
  • 3-Phase Faults - Transient Study (IEC 363): untuk menganalisa gangguan satu phasa ke tanah , antar phasa, dua phasa ke tanah dan 3 phasa dengan standar IEC 363.
  • Save Fault kA for PowerPlot: untuk studi lebih lanjut dengan program powerplot yang berhubungan dengan koordinasi.
  • Short circuit Display Options: untuk mengatur hasil short circuit yang ditampilkan sesuai dengan peralatan yang operasi.
  • Short circuit Report Manager: untuk menampilkan hasil short circuit
  • Halt Current Calculation: untuk menghentikan proses running short circuit
  • Get Online Data: untuk menyalin data online jika computer interkoneksi dengan menggunakan PSMS (online feature)
  • Get Archived Data: untuk menyalin data online jika computer terinterkoneksi.
Semoga Bermanfaat...

Keyword : Tentang ETAP, Belajar ETAP, Modul Pelatihan ETAP.
Share this Post Facebook Twitter Google+ WhatsApp

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Belajar Software ETAP Powerstation "

  1. ASSLAMMUALAIKUM,, MAU TANYA GAN KALAU KITA MEMBERI GANGGUAN 3 FASA MAKA DIDAPATKAN BESAR ARUS GANGGUAN NYA,, NAMUN KETIKA SAYA MEMBERI GANGGUAN 1 FASA KETANAH Error 2300: [SC] No bus is faulted. ITU KATA2 YANG KELUAR GAN,, ADAKAH SELUSI UNTUK MENEMUKAN BUS YANG EROR????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gangguan 1 phase simulasi fault nya di bus 1 phase juga mas, atau bisa dilihat di display option untuk hasil gangguan 1 phase nya kalo ngasih gangguan di bus 3 phase.

      Delete
  2. Gan,nampilin orde kelipatan ketiga gmn y?

    ReplyDelete
  3. siang gan,
    mau nanya saya baru lulusan S1 t.elektro. saya pengen ngambil kursus. bagus nya ngambil kursus PLC atau ETAP y gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung passion mas, dua2 nya bagus.

      Coba aja cek di link ini gan www.oilgascourse.com

      Delete
  4. Permisi gan,bisa minta link sumber dan link downloadnya gan ? Kbetulan laporan Kerja Praktek saya, saya kutip dari sini tp dospem tidak mau sumber dari blogspot maunya dari sumber kutipan resmi terima kasih

    ReplyDelete
  5. K.Ary kita bisa desaing dari transformator ke konsumen..misalnya transformator 160 kv ke 180 konsumen, satu konsumen pakai mcb 10 Amper....k. tolong di balas yahh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan share di "contact" form dibawah emailnya Pak.

      Delete
  6. Cara agar etap mampu melakukan real time monitoring bagaimana ya?

    ReplyDelete
  7. Mau tanya boss, dimana saya bisa dapat download app ETAP ini boss, tks

    ReplyDelete

Loading...